Monday, November 3, 2014

TANDA DAN GEJALA STROKE

Tanda dan gejala stroke dapat anda ketahui secara langsung dengan cara mengamati perubahan yang terjadi pada tubuh kita. Pengetahuan tentang tanda dan gejala stoke sangat bermanfaat untuk mengambil tindakan yang harus anda lakukan jikalau diri anda atau orang lain mengalaminya, karena stoke dapat terjadi dimana dan kapan saja. Stroke bisa terjadi pada saat anda kerja, saat berolahraga bahkan saat anda istirahatpun penyakit ini bisa terjadi. Jika anda mempunyai pengetahuan tentang tanda dan gejala penyakit ini maka sangat dimungkinkan anda dapat menyelamatkan nyawa seseorang, karena anda sudah tahu dan sigap untuk merujuknya keklinik atau rumah sakit yang ada kasus emergensinya.
Tanda dan gejala stroke ini bisa dilihat dan diamati sebagai berikut :

1. Bicara Tidak Jelas/ cadel/ Pelo
Alur bicara yang tadinya normal menjadi kesulitan dan terlihat cadel/pelo bisa dindikasikan dari awal mulanya serangan stroke terjadi, walaupun demikian orang yang mengkonsumsi obat-obatan ataupun alkohol yang berlebihan bisa juga mengalami hal yang sama (cadel/pelo) dikarenakan terjadi kerusakan pada pusat bicara diotak. Untuk itu alur bicara yang tiba-tiba menjadi cadel/pelo merupakan peringatan yang serius agar sipasien mendapatkan pengobatan medis segera
2. Jatuh
Kelemahan pada satu atau dua kaki sekaligus dapat menyebabkan seseorang terjatuh. Demikian pula orang yang terkena stroke akan mengalami kerusakan pada sistem keseimbangan pusat yang bisa menyebabkan sipasien terjatuh. Karena serangan stroke yang tiba-tiba terkadang membuat pasien menjadi tidak sadar dan akhirnya terjatuh. Untuk itu jika anda melihat seseorang terjatuh dengan tiba-tiba maka segeralah menelpun petugas gawat darurat untuk segera mengevakuasi orang tersebut, karena bisa jadi hal itu merupakan manifestasi dari serangan stroke.
3. Wajah Asymetris/tidak seimbang
Normalnya wajah seseorang akan terlihat simetris dari alis, mata, pipi dan mulut, tetapi terkadang anda mendapati seseorang yang wajahnya menjadi asymetris secara tiba-tiba, mulut menjadi mencong dan kelopak mata seakan-akan turun maka anda harus waspada karena kemungkinan orang tersebut sedang terkena serangan stroke. Batang otak mengendalikan otot-otot wajah dan kelopak mata, jika wajah menjadi asymetris bisa jadi terjadi kelemahan pada otot-otot wajah tersebut karena stroke. Stroke yang terjadi pada batang otak secara perlahan-lahan berpengaruh pada wajah yang tidak rata tetapi bila hal itu dibiarkan maka bisa berpengaruh menghentikan nafas seseorang. Untuk itu segeralah hubungi petugas yang berkompeten jika mendapati teman atau saudara yang tiba-tiba berwajah asymetris.
4. Perubahan Visi Penglihatan
Disaat seseorang melihat maka dibutuhkan interaksi yang bagus pada mata, syaraf dan beberapa bagian dari otak untuk menghasilkan sebuah obyek atau gambar yan tepat. Jika tiba-tiba anda mengalami kesulitan untuk mengidentifikasi sebuah obyek atau mengalami dualisme pada penglihatan anda, maka bersegeralah minta pertolongan medis  karena bisa jadi itu adalah tanda dan gejala stroke.
5. Penempatan Kata Yang Salah
Jika anda mengamati seseorang yang tiba-tiba kesulitan dalam berbicara dan sering mebolak-balikkan kata yang tidak tepat dalam pengucapannya sehinga terjadi kesalah pahaman dalam penempatan kata maka anda harus berhati-hati dan mengingatkannya agar segera mencari bantuan medis karena bahasa diatur oleh beberapa area besar diotak, sehingga bila stroke terjadi pada area bahasa maka akan terjadi kesalahpahaman dalam menginterpretasikan kata/bahasa.
6. Menjatuhkan Benda
Kelemahan yang terjadi pada separuh anggota tubuh gerak atas terutama pada lengan dan tangan membuat tangan tidak bisa menggenggam suatu obyek dan menjatuhkan benda tersebut. Anda harus segera tahu karena mungkin anda sedang terkena stroke (TIA).
7.Kebingungan
Stroke sangat erat hubungannya dengan kebingungan yang terjadi, meskipun demikian diperlukan pemeriksaan dan evaluasi untuk menyimpulkan tentang terjadinya kebingungan secara tiba-tiba dengan stroke. Dan bukan suatu tindakan buruk jika anda paham dengan situasi anda dan berkonsultasi dengan petugas medis yang berkompeten.
8. Perubahan Perilaku
Perubahan perilaku terkadang sangat mengganggu dan berlawanan dengan apa yang anda lakukan atau ingini. Otak sangat berperan penting dalam pengambilan keputusan, tetapi terkadang pasien yang terkena stroke akan sangat kesulitan dalam memutuskan masalah dengan disertai atau tanpa banyak pertimbangan. Jika anda melihat orang yang seperti diatas maka bisa jadi dia mengalami stroke.
9. Numbness/Matirasa
Seharusnya anda paham jika anda mengalami mati rasa pada sensasi tubuh anda. Rasa bebal dan mati rasa pada sebagian anggota gerak bisa sebagai manifestasi munculnya stroke. Segeralah minta bantuan ke medis sebelum terjadi kelumpuhan pada sebagian anggota gerak tubuh.
10. Clumsiness/Canggung
Rasa canggung bisa terjadi karena stroke mempengaruhi otak kecil (cerebellum), batang otak (brainsteam) atau kortek cerebral. Clumsiness sebagai akibat dari kurangnya kesimbangan, kelemahan otot, penurunan sensasi tubuh atau gabungan dari semua masalah diatas.
11. Hilangnya Kesadaran
Stroke yang terjadi pada batang otak walaupun itu kecil ataupun besar dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, untuk itu bersegeralah minta pertolongan medis.
Demikian tanda dan gejala stroke yang bisa saya sampaikan, jika anda bisa mengingatnya akan lebih baik karena bila stroke dapat ditangani dan dirawat sedini mungkin akan berakibat baik dalam perkembangannya dan dapat menyelamatkan nyawa sipasien.