Wednesday, May 7, 2008

CIDERA OTOT PERUT

Cidera Pada Otot Perut
From Jonathan Cluett, M.D.,
Modifikasi : jowir


Bila Otot Tertarik Pada Dinding Perut
Apakah cidera otot perut itu?

Cidera otot perut adalah kondisi yang tidak nyaman pada bagian perut dan dapat mengenai satu/lebih dari otot perut. Cidera otot ini umumnya terjadi karena otot perut terulur terlalu jauh atau melebihi normalnya. Kebanyakan cidera otot ini terjadi pada serabut otot perut dan mengakibatkan area perut terasa sangat nyeri. Umumnya, cidera yang terjadi hanya berupa sayatan kecil pada serabut otot, tetapi bila hal ini dibiarkan begitu saja maka hasilnya dari beberapa cidera menyebabkan otot rupture/robek.

Otot pada dinding perut terdiri dari beberapa otot , diantaranya adalah :
o Rectus Abdominis: Otot ini berada di depan dan sering disebut sebagai “six pack” jika terus dilatih.
o Internal and External Oblique: otot ini berada di samping tubuh dan berfungsi untuk gerakaan side rotasion.



Apakah gejala dari cidera otot perut?
Cidera otot perut sering menyebabkan nyeri yang tiba-tiba pada area otot yang mengalami cidera. Dan nyeri akan terprovokasi ketika melakukan gerakan fleksi/menekuk punggung kedepan. Gejala umum yang paling sering adalah ketegangan otot. Kadang-kadang juga terjadi pembengkakan sebagai akibat dari cidera otot yang parah.


Pembagian cidera otot perut berdasarkan derajatnya :
Cidera otot perut dibagi menjadi beberapa grade/derajat berdasarkan keparahan cidera yaitu :
• Grade I (Mild): sedikit tidak nyaman, tidak ada keterbatasan. Biasanya tidak mengganggu aktivitas.
• Grade II (Moderate): Moderate tidak nyaman, aktivitas seperti fleksi atau side rotasi perut agak terganggu.
• Grade III (Severe): aktivitas normal yang melibatkan perut timbul nyeri. Sering pasien mengeluh timbul ketegangan dan bengkak pada perut.


Perawatan apakah yang paling tepat untuk cidera otot perut?Perawatan untuk cidera otot perut tergantung dari derajad keparahannya, tetapi untuk kasus yang umum pada cidera otot perut adalah melakukan pembidaian atau pemasangan splint dan kemudian mengistirahatkan perut secara total dari gerakan-gerakan yang dapat memprovokasi nyeri. Setelah itu hal terpenting yang lain adalah membiarkan otot perut agar selalu rileks sampai proses peradangan berakhir. Kemudian datang  ke departemen fisioterapi untuk mendapatkan pengetahuan tentang cidera yang terjadi dan menghindari latihan tertentu yang dapt menimbulkan cidera untuk mebantu proses pemulihan otot. Meminimalisasi kegiatan yang dapat menimbulkan nyeri atau ketegangan otot.
Penguluran secara gentle sangat membantu, tetapi tidak boleh menimbulkan nyeri. Penguluran maksimal bisa berbahaya dan menghambat proses pemulihan otot. Aplikasikan dengan es batu pada daerah yang mengalami cidera pada fase akut (48 jam pertama setelah terjadi cidera) dapat mengurangi pembengkakan. Sebelum beraktivitas pemanasan ringan bisa membantu otot relaks. (konfirmasikan terlebih dahulu pada fisioterapis anda )

Kapan saya butuh dokter/fisioterapi untuk cidera ini?Jika anda mengalami cidera otot ini evaluasilah dengan gejala yang timbul dan dampak dari gejala tersebut terhadap aktivitas anda seperti jalan ,duduk, atau pada saat tidur, kemudian barulah anda evaluasi lagi kedokter/fisioterapi anda.
Jika anda yakin bahwa anda mengalami cidera pada otot perut anda atau gejala yang timbul tidak cepat hilang dan anda telah mengevaluasinya. Dokter atau fisioterapi dapat membantu anda dalam hal perawatan agar otot anda segera pulih. Beberapa orang melakukannya dengan menggunakan modalitas seperti ultrasound, massage terapi dan latihan khusus untuk membantu pemulihan. Anda harus mendengarkan kata dokter anda jika semuanya ini sesuai dengan kondisi yang anda rasakan.

1 comments:

farhan_jamar said...

Sebal kanan otot perut saya lebih ke atas daripada otot perut sebelah kiri apa itu kesalahan.

Post a Comment