Monday, June 2, 2008

OSTEOPOROSIS

Apakah Osteoporosis Itu?
Dari : Jowir


Gambaran :
Osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan rendahnya massa tulang, kepadatan tulang dan kemunduran struktur jaringan tulang, yang menyebabkan kerapuhan tulang. Penyakit ini Apabila tidak dicegah atau ditangani, maka akan menyebabkan pengeroposan yang selanjutnya bisa menyebabkan patah tulang atau nyeri saat melakukan aktivitas. Patah tulang ini bisa terjadi pada tulang punggung, pinggul, pergelangan tangan, pergelangan kaki, tulang pangkal paha dan tulang rusuk. Patah tulang di usia lanjut akan menimbulkan permasalahan serta menelan biaya pengobatan atau pemulihan yang besar, bahkan ada kemungkinan akan menderita cacat permanen.
Osteoporosis banyak menyerang wanita yang sudah memasuki masa menopause, karena pada masa tersebut jumlah hormon estrogen berkurang dan mengakibatkan terjadinya penurunan kadar kalsium dalam darah.

Fakta tentang osteoporosis
* Lebih dari 75 juta orang diseluruh dunia menderita Osteoporosis
* Tanda awal terjadinya Osteoporosis ditemukan pada wanita usia sekitar 30 - 40 tahun.
* Resiko patah tulang di bagian panggul pada wanita lanjut usia lebih besar daripada resiko dari penyakit kanker lainnya yang menyerang kaum wanita.
* Osteoporosis meningkatkan resiko kematian pada orang lanjut usia dalan kurun waktu 6 bulan setelah mengalami patah tulang.
* Pria lanjut usia biasanya mengalami patah tulang pada bagian punggung ( tulang belakang ) dan tungkai lengan ( pergelangan tangan )


Faktor penyebab osteoporosis ?
Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya osteoporosis, diantaranya dapat diklasifikasikan sebagai berikut :

* Kurangnya asupan Kalsium dalam makanan sehari-hari. Dalam keadaan ini tubuh akan mengambilnya dari cadangan Kalsium yang ada di dalam tubuh, yaitu organ tulang dan gigi. Hal ini akan berakibat terjadinya defisit Kalsium.
* Tubuh tidak mampu menyerap Kalsium dalam jumlah yang cukup.
* Wanita diatas 40 tahun lebih beresiko menderita Osteoporosis jika dibandingkan dengan pria usia diatas 40 tahun.
* Wanita yang memasuki masa menopause yang disebabkan bekurangnya hormon esterogen.
* Kurang olah raga. Berolah raga dapat meningkatkan kepadatan tulang.
* Merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, tinggi kafein seperti teh, kopi dan soft drink.
* Keturunan ( genetik ).
* Usia lanjut.
Bagaimana Mencegah Osteoporosis ?
Untuk menghadapi kemungkinan terkena Osteoporosis, tindakan paling tepat adalah melakukan pencegahan sejak dini. Beberapa pencegahan yang biasa dilakukan adalah dengan :
* Meningkatkan konsumsi Kalsium dalam makanan sehari-hari
*Mengkonsumsi suplemen Kalsium untuk membantu peningkatan kepadatan tulang.
* Berolah raga tanpa pemakaian beban akan menjadikan tulang anda kuat dan jaringan tulang akan bekerja menjaga peningkatan tulang anda. Anda dapat memanfaatkan jasa fisioterapi untuk menjadi asisten anda dalam beraktivitas olahraga
* Memperbaiki gaya hidup dan mengilangkan kebiasaan merokok, minum alkohol, kopi, teh dan soft drink yang belebihan.

0 comments:

Post a Comment