Thursday, June 5, 2008

OLAHRAGA SAAT HAMIL

Pregnancy Exercise
Dari : Jowir
Fisiterapis Anda


Berjalan:Berjalan adalah olahraga terbaik selama masa kehamilan. Olahraga ini tergolong low impact/intensitas rendah dan anda dapat dengan mudah mengontrol kecepatan anda. Berjalan selama 20 menit 4 kali seminggu adalah cara untuk menjaga agar tubuh tetap bugar selama masa kehamilan.


Low Impact Aerobics:Low impact aerobics adalah cara yang jitu untuk menjaga kebugaran tubuh. Latihan- latihan low impact ini dapat dilaksanakan di rumah dengan menggunakan instruksi dari video tape atau anda bergabung di tempat fitness local dengan didampingi personal trainer anda. Di tempat fitness banyak program-program aerobic low impact yang ditawarkan. Anda tinggal memilih dan mengikuti personal traner anda. Selain itu ditempat fitness anda akan berhubungan dengan banyak wanita yang mungkin lebih berpengalaman dalam masalah kehamilan sehingga anda dapat berkonsultasi atau bertukar pendapat dengan ibu-ibu lainnya. Menyenangkan bukan.....

Berenang:
Berenang juga merupakan olahraga terbaik saat anda hamil. Ketika anda melakukan aktivitas ini seluruh otot anda akan berkontraksi, selain itu air juga memberikan bantuan extra berupa buoyancy dan viscosity untuk mengurangi beban ekstra tubuh anda ketika hamil. Sehingga anda tidak merasa terlalu capek dan mengurangi resiko cidera otot anda.

Streetching Gentle:
Stretching gentle juga merupakan tipe latihan yang baik bagi tubuh anda saat hamil. Latihan ini berfungsi untuk mempertahankan luas gerak sendi dan menjaga fleksibilitas dari otot. Olahraga ini juga berdampak pada relaksasi otot dan pikiran anda.


Sebelum melakukan aktivitas ini alangkah baiknya anda berkoordinasi dengan fisioterapis atau dokter yang lebih berkompeten.

0 comments:

Post a Comment