Wednesday, December 5, 2012

PAHA DEPAN YANG NYERI

QUADRICEPS MUSCLE STRAIN
Dari : Jowir


Quadriceps adalah kumpulan dari empat otot besar yang terletak dipaha depan dan berfungsi untuk meluruskan lutut dan menekuk hip (panggul). Otot quadriceps terdiri dari m.vastus medialis, m.vastus lateralis, m.vastus intermedius dan m.rectus femoris. Otot quadriceps ini sangat berguna untuk menstabilkan sendi lutut terutama dalam beraktivitas sehari-hari. Cedera dapat terjadi pada semua otot quadriceps tetapi m.rectus femoris adalah otot yang sering mengalami cedera selama beraktivitas/olahraga. Cedera pada otot quadriceps dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu (mild : 1, moderate : 2, severe : 3). Pengetahuan tentang derajad cedera ini sangat penting untuk fisioterapi karena sebagai acuan treatment yang akan diberikan pada pasien. Sehingga treatment lebih efektif dan efisien.

Tanda dan Gejala
Untuk tanda dan gejala pada cedera ini sangat tergantung dari derajad cedera yang dialami misalkan untuk derajad 1 pasien hanya merasakan nyeri tetapi tdk mengganggu aktivitas sehari-hari, pembengkakan yang nyaris tidak ada dan lain-lainya..(untuk lengkapnya anda bisa baca dipostingan saya sebelumnya tentang derajad cedera).
Yang paling penting disini adalah Fisioterapi mampu melihat tanda dan gejala yang ada sebagai dasar treatment yang akan diberikan pada pasien.


Fisioterapi
Peran fisioterapi dalam hal ini sangat dibutuhkan terutama dalam hal :
1. Menentukan derajad cedera dari tanda dan gejala yang timbul pada pasien 
2. Mengurangi nyeri sebagai efek strain m. quadriceps (TENS & Interferensi)
3. Mengaplikasikan RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation)
4. Mengedukasi pasien tentang penggunaan kruk/cruches/alat bantu bila dibutuhkan.