Tuesday, June 3, 2008

NYERI PUNGGUNG KARENA PIRIFORMIS SYNDROME

Piriformis Syndrome
Dari : Jowir


Gambaran dan Gejala:
Piriformis syndrome adalah kondisi dimana otot piriformis menekan saraf sciatic dan mengiritasi serabut syaraf. Dan kondisi seperti ini akan menimbulkan nyeri yang dimulai dari daerah pantat dan berjalan lurus kebawah pada area belakang kaki. Nyeri ini sering mengganggu aktivitas kita sehari-hari dan jika tidak segera ditangani akan berakibat nyeri yang berkepanjangan. Nyeri ini timbul dan diperparah jika kita melakukan aktivitas seperti duduk, menaiki tangga, merangkak, berjalan dan berlari. Syndrome ini jarang terjadi dan umumnya terjadi pada kasus sciatica, oleh karena itu sering terjadi penafsiran yang salah antara piriformis syndrome dengan sciatica
Otot Piriformis :
Otot piriformis adalah otot kecil yang letaknya di daerah pantat dibawah otot gluteal (otot pantat). Otot ini berfungsi membantu gerakan abduksi/mengangkat hip kesamping dan gerakan eksternal rotasi sendi hip/pinggul. Jika otot piriformis menegang/muscle spasme terjadi maka ketegangan otot itu akan menekan syaraf sciatic yang letaknya sangat berdekatan dengan otot piriformis, dan ketegangan itulah yang menimbulkan nyeri dan dinamakan dengan piriformis sindrome. 

Penanganan Pada Piriformis Syndrome
Dibawah ini cara fisioterapis menangani piriformis syndrome secara umum (bukan berarti sebagai patokan dan harus disesuaikan dengan kondisi pasien saat pemeriksaan) yaitu :
1) memberikan modalitas fisioterapi berupa (IR atau hotpack)
2) Gentle massaga pada area yang terkena
3) Memberikan penguluran pada daerah yang terkena
4) Penguluran secara manual oleh physioterapis



1 comments:

Post a Comment