Monday, November 3, 2014

7 CARA MENCEGAH STROKE

Stroke adalah gangguan syaraf otak yang disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah diotak, yang terjadi dalam tempo sekitar 24 jam atau lebih. Nama penyakit yang sering kita dengar akhir-akhir ini terjadi karena perubahan gaya hidup manusia yang jauh dari kata sehat. Jika kita terdampak pada penyakit ini maka proses pemulihan untuk kembali kenormal membutuhkan waktu yang panjang dan memerlukan beberapa tahapan-tahapan. Tetapi semakin berkembangnya ilmu pengetahuan khususnya dibidang kesehatan membuat penyakit ini tidak sengeri yang dibayangkan. Kemajuan dalam bidang pembedahan otak, persyarafan, obat-obatan dan penunjang rehabilitasi menjadikan solusi untuk mengatasi penyakit ini lebih mudah, tetapi ada cara efektif untuk menghindari agar kita tidak terjangkit dalam lingkaran setan penyakit ini yaitu dengan cara pencegahan. Pencegahan ini dapat dilakukan dengan mengubah pola hidup dan kebiasaan buruk yang bisa memicu timbulnya penyakit stroke. Ada tujuh cara yang bisa kita lakukan untuk menghindaripenyakit ini sedini mungkin, yaitu dengan cara sebagai berikut :

1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Hypertensi adalah penyakit tekanan darah tinggi yang kronik, hipertensi diketahui sebagai penyebab utama stroke dan perkembangan penyakit-penyakit jantung, serta berkontribusi dalam penyakit-penyakit di otak lainnya. Langkah-langkah yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mengontrol tekanan darah kita secara periodik, diet dalam mengkonsumsi garam juga diperlukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi kita. Olahraga yang teratur dan menjaga berat badan yang ideal juga merupakan cara untuk menurunkan tekanan darah kita. Obat-obatan penurun tekanan darah juga diperlukan untuk kasus hipertensi yang parah. Sebelum anda melakukan langkah-langkah diatas alangkah baiknya bila anda berkonsultasi pada petugas medis yang berkompeten.
2. Mengontrol Penyakit Jantung
Penyakit jantung dapat terjadi karena faktor bawaan/keturunan atau terdampak saat kita baru dilahirkan. Penyakit jantung bisa juga terjadi karena adanya penyakit penyerta seperti hipertensi, kegemukan (obesitas), dan kolesterol yang tinggi. Penyakit jantung bisa disebabkan oleh karena penakit arteri jantung, kelainan pada katub jantung, pembesaran ukuran jantung dan jantung yang berdebar-debar. Ada banyak cara untuk mengobati penyakit ini. Cara yang paling efektif untuk mengontrol penyakit jantung ini yaitu dengan cara rajin check-up jantung anda sedini mungkin agar penyakit jantung anda tidak bertambah parah
3. Menurunkan Kolesterol Tinggi
Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa tingginya kolesterol yang kita miliki berkontribusi terhadap berbagai macam penyakit jantung dan penyakit pendarahan pada otak. Cara ampuh untuk menurunkannya yaitu dengan olahraga teratur dan melakukan diet dengan asupan lemak yang moderat. Jangan melakukan diet ketat dengan mengurangi asupan lemak yang berlebihan. Pengunaan obat-obatan terkadang juga diperlukan dengan anjuran dokter pribadi anda.
4. Mengontrol Diabetes
Penyakit diabetes berkontribusi terhadap penyakit jantung (kardiovaskuler) dan penyakit diotak (serebrovaskuler). Diabetes terjadi biasanya karena faktor keturunan, orang dengan diabetes tipe1 biasanya memerlukan management dalam hal pengontrolan kadar gula dalam darah, pasien dengan tipe 1 ini memerlukan insulin untuk mengontrolnya. Sedangkan pasien diabetes tipe 2 memerlukan pengelolaan dalam asupan makanan, management dalam mengontrol berat badan dan biasanya membutuhkan obat-obatan untuk mendapatkan kadar gula darah yang diinginkan.
5. Menurunkan Berat Badan
Kegemukan atau obesity adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan stroke. Orang bertubuh gemuk sangat rentan terhadap hipertensi dan penyakit kolesterol, sebagaimana kita ketahui  kedua penyakit ini dapat menyebabkan penyakit kardiovasculer dan serebrovaskuler. Cara paling efektif untuk menurunkan berat badan adalah dengan diet sehat dan olahraga teratur. Terkadang operasi dan obat-obatan diperlukan jika cara diet dan olahraga tidak bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.
6. Berhenti Merokok
Merokok memberikan kontribusi terhadap penyakit jantung, penyakit pendaraha pada otak dan meningkatkan hipertensi. Memang sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan buruk merokok bila kita sudah terbiasa merokok diusia muda. Cara efektif berhenti merokok yaitu dengan cara niat yang baik, mengikuti konseling, bergabung dalam group anti rokok dan mencari mentor yang tepat untuk menghentikan kebiasaan merokok
7. Mengelola Stress
Stress diketahui dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes dan penyakit serebrovaskuler. Untuk itu mengelola rasa stress dan kecemasan yang berlebihan diyakini bisa menurunkan tingkat stress. Stress tidak bisa diukur secara obyektif sehingga diperlukan pendekatan personal dan emosional untuk mengkounternya.
Semoga bermanfaat dan selalu diberi kesehatan yang barakah.