Sunday, November 2, 2014

PENGULURAN PADA BAHU

Bahu adalah jenis sendi tipe ball & socket sehingga memungkinkan setiap gerakan terjadi pada sendi ini. Jika terjadi kekakuan pada sendi bahu ini maka anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti menyisir rambut ataupun memasang ikat pinggang.
Kekakuan pada bahu bisa terjadi disebabkan oleh banyak faktor, pasien dengan riwayat cidera bahu maka otot-otot dan tendon pada rotator cuff akan menjadi kaku. Begitupula pasien yang menjalani proses operasi bahu seperti rotator cuff repair, bisa dipastikan otot-otot rotator cuffnya menjadi kaku dan perlu dilakukan penguluran yang efektif. Selain itu pasien dengan riwayat patah tulang pada lengan atau tangan bisa juga membuat bahu menjadi kaku, hal itu disebabkan karena penggunaan arm sling dalam proses pemulihannya.
Frozen shoulder juga merupakan kondisi yang bisa menyebabkan bahu menjadi kaku, diperlukan waktu dan penanganan khusus untuk memulihkan kondisi frozen shoulder ke kondisi semula. Fisioterapis harus benar-benar fokus untuk mengembalikan kapasitas fisik dan fungsional bahu dengan menerapkan tehnik khusus untuk kasus ini, terapi latihan ataupun modality bisa digunakan sebagai penunjang untuk memepercepat proses rehabilitasi.
Mengingat begitu pentingnya bahu dalam setiap aktivitas maka jika anda mengalami kasus kekakuan pada bahu maka anda harus berbuat sesuatu untuk mengatasinya. Penguluran bahu dengan menggunakan handuk adalah latihan penguluran yang terbaik untuk mengatasi masalah kekakuan bahu. Latihannya sangat sederhana dan dapat anda lakukan dimanapun anda berada. Latihan ini sangat bagus untuk menjaga pergerakan sendi bahu dengan menjaga elastisitas otot disekitar sendi bahu anda dan latihan ini juga bisa digunakan untuk mencegah agar kekakuan tidak terjadi pada bahu anda. Caranya sangat sederhana yaitu dapat anda simak sebagai berikut :
1. Sediakan handuk panjang untuk mandi atau handuk pantai atau kain atau ikat pinggang juga bisa
2. Genggam handuk tersebut satu tangan diatas dan satu tangan dibawah (posisi berkebalikan), sebagai contoh anda ingin mengulur bahu yang kanan maka lengan kiri berada diatas sedangkan lengan kanan berada dibawah
3. Genggam erat handuk kemudian tarik handuk keatas secara perlahan-lahan sampai anda merasakan bagian samping depan bahu kanan anda terulur
4. Jika anda meraskan penguluran pada area tersebut maka tahan sampai sepuluh hitungan atau kira-kira sepuluh detik
5. Kembalikan pada posisi awal dan ulangi gerakan seperti diatas 3 kali
Penguluran ini dapat anda lakukan dimana saja dan bisa anda lakukan dua kali dalam sehari, bisa dilakukan pada pagi dan petang. Penguluran ini sangat berguna untuk menjaga pergerakan sendi bahu anda dan dapat mencegah kekakuan. Selain itu dengan penguluran teratur dapat meningkatkan luas gerak sendi.