Saturday, April 11, 2015

REHABILITASI UNTUK CEDERA OTOT

REHABILITASI UNTUK MUSCLE STRAIN 


Derajad -1
Hari-1
Lakukan cold therapy selam 15 menit dan ulangi setiap 2 atau 3 jam
Hari- (2-5)
Jika nyeri tidak dirasakan, lakukan penguluran pada daerah yang cedera, lakukan gentle massaage pada daerah yang cedera dan lakukan evaluasi setelahnya . lakukan penguatan otot-otot pada daerah cedera dengan catatan  latihan yang dilakukan tidak boleh menimbulkan nyeri.
Hari-6
Lanjutkan stretching,strengthening, sport massage pada daerah cedera, naikkan secara perlahan-lahan intensity dan frekuensi latihan.

Derajad-2
Hari-(1-4)
Berhentilah beraktivitas saat itu juga, aplikasikan cold therapy selama 15 menit setiap 2 atau 3jam, lakukan pembandagean pada daerah cedera dengan menggunakan compressed bandage, posisikan daerah cedera elevasi dan carilah alat bantu seperti crutches dan lainnya.
Hari ke 5-12
Start full weight bearing, lakukan penguluran pada otot-otot yang mengalami cedera secara gentle. Lakukan streetching perlahan-lahan bila sudah terasa terulur tahan selama20-30 detik kemudian relaks, lakukan latihan tersebut selama 3-5kali setiap harinya. Sport massage bisa dilakukan pada hari kelima dan lakukan gentle strengthening pada otot yang cedera.
Hari ke 13-21
Teruskan penguluran dan sport massage pada otot yang cedera, lakukan peningkatan intensitas dan frekuensi latihan penguatan otot yang cedera secara berkala. Anda bisa memulainya dengan joging ataupun bersepeda, jika otot masih berasa kaku maka lakukan heat therapy dengan menggunakan hotpack atau terapi panas lainnya. Lakukan latihan- latihan diatas hingga anda bebas nyeri, keteganggan otot dan luas linkup gerak sendi anda sama seperti sebelum cedera terjadi (full ROM).

Derajad 3
Hari ke 1-7
Segera cari pertolongan medis, aplikasikan cold therapy selama 15 menit dalam waktu 48jam pertama dari onset. Lakukan pembandagean dengan compression bandage, posisikan bagian cedera degan tehnik elevasi dan gunakan alat bantuan seperti crutches bila cedera yang terjadi pada extremitas bawah.
Hari 8-14
Carilah jasa fisioterapis untuk membantu memulihkan kondisi anda. Ultrasound tretment juga disarankan, latihan isometric atau static contraction. Gentle stretching dan strengthening.
Minggu ke3-6
Tujuan utama dalam fase ini adalah penguatan otot secara perlahan-lahan dan pasti. Lanjutkan penguluran dan sport massage.  Lakukan heat therapy sebelum melakukan aktivitas.