Monday, October 13, 2014

FISIOTERAPI PADA FRACTURE PERGELANGAN KAKI

Pergelangan kaki terbentuk dari tulang tallus pada kaki, tulang tibia dan tulang fibula. Tulang-tulang tersebut menyatu (terhubung) dan bergerak bersama-sama. Sehingga bila terjadi cidera pada sendi tersebut maka nyeri akan timbul pada pergelangan kaki kita. Jika anda menduga ada kerusakan atau patah tulang pada pergelangan kaki anda, maka bersegeralah mencari bantuan medis agar kerusakan atau patah tulang yang terjadi tidak bertambah parah karna terlalu anda paksakan disaat cidera terjadi. Waspada dan berhati-hati merupakan kunci untuk meminimalisir efek yang disebabkan oleh cidera tersebut, mengingat fungsi dari sendi ini yang sangat penting dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Langkah Setelah Mengetahui Fracture
Setelah anda menduga bahwa ada tulang yang patah pada pergelangan kaki maka bersegeralah datang ke rumah sakit atau klinik untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Jika dalam pemeriksaan ditemukan patah tulang maka dokter akan segera meminimalisir dampak dari patah tulang tersebut. Prosedur untuk meminimalisir patah tulang dengan cara memposisikan tulang yang patah pada posisi anatomis/normalnya, supaya bila terjadi proses pemulihan/healing maka posisinya normal. Tetapi jika patah tulang yang terjadi itu rumit maka dokter akan menggunakan prosedur operasi. Prosedur ini sering dikenal sebagai ORIF (opertion reduction internal fixation) yaitu dengan memasang plate dan screw pada tulang yang patah agar posisinya sesuai anatomis.
Setelah proses meminimalisir patah tulang selesai maka pergelangan kaki akan digips/cast supaya pergelangan kaki yang patah tidak banyak bergerak agar proses pemulihan/healing proces segera terjadi. Banyak dari pasien patah tulang pergelangan kaki akan mendapatkan alat bantu berupa kruk untuk menunjang aktivitas sehari-harinya, tannyalah pada fisioterapis bagaimana cara penggunaannya apakan harus menepak ataukah tidak dan berapa persenkah berat badan yang boleh diletakkan pada pergelangan kaki yang patah. Biasanya Dokter sudah menuliskan persentase apakah harus NWB (Non Weight Bearing) ataukah PWB (Partial Weight Bearing) atau pula FWB (Full Weight Bearing). Selain itu fisioterapis akan mengajari anda berbagai latihan sederhana pada panggul dan lutut agar otot-otot pada panggul dan lutut tidak mengalami kelemahan dikarenakan patah tulang yang terjadi pada pergelangan kaki.


Peran Fisioterapi Pada Proses Rehabilitasi
Setelah waktu pembukaan gips tiba maka anda akan segera dirujuk dokter ke bagian fisioterapi, terkadang anda masih menggunakan kruk dan anda tidak mengetahui proses atau prosedur apakah yang harus anda lakukan dirumah dan dirumah sakit. Fisioterapis akan berusaha mendesign program yang tepat dan efisien berdasarkan kebutuhan anda. Dalam hal ini yang menjadi fokus atau tujuan dari fisioterapi adalah : Pola jalan, Luas gerak sendi, Pembengkakan, Nyeri, Kelemahan otot dan proses healing pada kulit bekas operasi jika melakukan procedur ORIF.
Setelah proses assesment dan evaluasi selesai biasanya fisioterapis akan memanfaatkan cold pack dan electrical stimulation untuk mengurangi nyeri dan menurunkan pembangkakan. Latihan gentle pada pergelangan kaki harus didesign sedemikian rupa untuk meningkatkan luas gerak sendi dan meningkatkan kekuatan otot. Latihan pada sendi panggul dan lutut juga harus tetap dilakukan secara bersamaan agar kelemahan otot tidak terjadi. Fisioterapis akan mengajari anda dengan tepat tentang apa yang boleh dan yang tidak diperbolehkan selama masa pemulihan. Edukasi pasien agar melakukan latihan-latihan yang telah anda ajarkan kepadanya dirumah secara teratur.
Fisioterapis akan menuntun anda untuk bisa berjalan tanpa bantuan kruk secara bertahap, disesuaikan dengan kebutuhan anda. Untuk scar tissue yang terjadi akibat luka incisi pada saat pemasangan ORIF, fisioterapis dapat melekukan gentle massage dan mobilitation untuk meminimalisir scar tissu yang terjadi.