Tuesday, June 3, 2014

KEKAKUAN PADA TULANG BELAKANG

Ankylosing Spondylitis

 Apakah Ankylosing Spondylitis?
Ankylosing Spondylitis (sering dikenal sebagai Bechterew's disease atau Marie Struempell disease) adalah penyakit kronik pada sendi yang disebabkan oleh degenerative arthritis yang sering terjadi pada tulang punggung dan sendi sacroiliaca dan bisa terjadi juga pada sendi lain tubuh kita. 
Penyebabnya sampai sekarang belum diketahui walaupun faktor keturunan sering disebut sebagai penyebab  umum terjadinya penyakit ini.
Kata ankylosing berarti gabungan dan kata spondylitis berati peradangan pada persendian tulang belakang, Jadi peradangan yang terjadi pada tulang belakang dan sendi sacroiliac yang kemudian memicu terjadinya pertumbuhan tulang yang menyatukan tulang punggung disebut sebagai ankylosing spondylitis. Akibat dari menyatunya tulang belakang ini membuat punggung menjadi sangat kaku (stiffness) dan nyeri yang berkepanjangan.
Ankylosing Spondylitis adalah sebuah grup peradangan sendi/arthritis, kondisi ini dikeahui sebagai spondoarthritides termasuk didalamnya psoriatic, colitic and reactive arthritis. Ankylosing spondylitis dalam perkembangannya bisa terjadi secara terpisah atau tergabung dengan kondisi crohns disease, psoriasis and osteoporosis.
Dari dua kasus ankylosing spondilitis tersebut tidak ada yang sama persis. Perbedaan ini terjadi tergantung dari distribusi nyeri, kekakuan, peradangan, lama penyebaran dan perjalanan penyakit. Dalam beberapa kasuspun dijumpai pula bahwa penyakit ini berhenti dengan sendirinya dan nyeri hilang sama sekali tanpa meninggalkan bekas. Gejala-gejala secara umum dapat kita ketahui sebagai berikut :  
Ankylosing spondylitis  sering terjadi pada umur 15-30 tahun, walaupun terkadang dibawah ataupun diatasnya juga sering terkena. Kondisi ini sering terjadi pada pria daripada wanita, dari kasus yang terjadi pada pria perbandingannya 1 : 200 dan untuk wanita 1 : 500. Gejala awal dari ankylosing spondilitis adalah terbatasnya gerakan pada punggung bawah atau persendian tulang belakang sakit.Gejala sakit tersebut terus berkelanjutan dan nyeri terus bertambah dengan disertai 
1. kekakuan pada pagi hari pada tulang belakang dan sendi sacroiliac. 
2. Sakit pada punggung bawah meskipun dalam kondisi relaks/tidur. 
3. Nyeri yang terjadi pada tungkai dan paha
4. Sakit dan nyeri pada pantat, leher, bahu, pinggul dan punggung atas
5. Intensitas nyeri kadang meningkat dan kadang hilang.
6. Pada beberapa kasus dijumpai penurunan berat badan dan kelelahan.
7. Pada kasus yang lain biasanya disertai dengan peradangan mata, jantung, paru-paru dan sistem persyarafan, dan dapat meningkatkan kiposis pada kura tulang belakang.


Anjuran untuk kasus Ankylosing spondylitis adalah :
1. Selalu jagalah kebugaran dan kesehatan tubuh.

2. Menjaga bebarat badan yang ideal untuk menghindari cedera otot tulang belakang
3. Diet sehat
4. Menjaga postur tubuh dan kecepatannya. Diskusikan dengan fisioterapis anda untuk porsi latihan posture dan mobility.
5. Hindari gerakan memutar pinggang secara tiba- tiba dan berhati-hatilah ketika membalikkan badan
6. Gunakan hot pack untuk mengurangi nyeri dan kekakuan. Mintalah saran fisioterapis untuk intensitas dan durasi pemakaian.
7. Mintalah fisioterapis untuk mendesign berbagai latihan terutama penguatan otot tulang belakang dan hydrotherapy.