Monday, November 4, 2013

NYERI PADA PINGGUL

Fisioterapi Pada Nyeri Pinggul/Hip
Dari : Jowir

Gambaran Umum Hip
Pinggul dikategorikan sebagai sendi bola dan soket (ball&socket joint) yang terbentuk oleh tulang pelvik dan tulang paha. Pada sendi ini terdapat banyak ligament yang mengitari persendian dan bertugas untuk menstabilkan sendi hip, selain itu banyak juga otot yang melekat pada sendi ini yang berfungsi untuk memudahkan hip dalam pergerakannya.
Nyeri pada pinggul disebabkan banyak faktor, hal ini disebabkan karena sendi ini  hampir sebagian besarnya menahan beban tubuh kita dalam aktivitas sehari-hari. Sendi pinggul sangat bertanggung jawab dalam aktifitas fungsional seperti berjalan, berlari, bangun dari kursi, menaiki tangga dan sebagainya, untuk itu tidak menutup kemungkinan nyeri yang timbul pada pinggul anda disebabkan satu atau lebih bangunan sendi ini mengalami perubahan dari bentuk normalnya.

Terminasi Nyeri Pada Hip
Untuk mengidentifikasi nyeri secara umum mungkin kita akan merasa kesulitan, hal ini disebabkan karena faktor letak sendi pinggul sendiri yang sangat dekat dengan pinggang. Jadi perlu pengetahuan khusus untuk mengidentifikasi nyeri itu, apakah nyeri berasal dari pingul atau berasal dari pinggang. Untuk itu anda dapat keklinik fisioterapi untuk meyakinkan pendapat anda. Disini saya akan memaparkan sebagian tentang daerah nyeri berdasarkan letaknya :
1. Nyeri Yang Terjadi Didepan Pinggul
Jika anda merasakan nyeri didepan pinggul kemungkinan anda mengalami arthritis/peradangan sendi, tetapi terkadang penegangan otot pada sendi ini dapat menimbulkan nyeri.
2. Nyeri Pada Samping Pinggul
Jika anda mengalami nyeri pada daerah samping pinggul, mungkin ini disebabkaan karena masalah otot atau juga masalah struktur sendi pinggul. Keluhan yang sering terjadi adalah peradangan pada bursa anda. seperti anda ketahui bahwa disamping hip terdapat bursa yang sangat besar, dan bursa ini dapat menjadi teriritasi oleh karena ketegangan otot yang terus menerus dan otot yang tidak seimbang. Fungsi bursa sendiri adalah cairan yang memudahkan gerakan otot dan tulang pada sendi ini.
3. Nyeri Pada Belakang Pinggul
Jika nyeri pada area belakang pinggul atau area pantat, kemungkianan nyeri yang terjadi disebabkan oleh punggung bawah anda. Untuk mengetahuinya secara sederhana, anda dapat melakukan tes sederhana ini. Berdiri dengan posisi kaki berjauhan kemudian tekuk punggung anda kedepan tahan 3 hitungan kembalikan keposisi awal, dan lakukan prosedur ini 5-7kali. Jika anda merasakan nyeri bertambah maka bisa disimpulkan nyeri yang terjadi adalah berasal dari punggung bawah anda.