Wednesday, December 12, 2012

PENGAPURAN PADA TUMIT

HEEL SPURS (CALCANEAL SPUR)
Dari : Jowir

Pada aktivitas sehari-hari tumit cukup mempunyai peranan penting dalam kehidupan kita, nyeri yang timbul pada tumit dapat mengganggu aktivitas yang ada. Heel spurs/pengapuran pada tumit sering menimpa pada orang yang menggunakan tumit sebagai aktivitas tumpuan dan pijakan, misalnya seperti pelari. Heel spurs adalah kelainan yang timbul sebagai kelanjutan dari plantar facitis yang tidak segera ditangani/delayed healing. Biasanya jika pasien mengalami facitis/peradangan/perlukaaan pada facia, maka tubuh dalam hal ini fibroblastic akan meperbaikinya dalam waktu setidaknya 6 minggu, tetapi jika dalam kurun waktu tersebut tidak ada penyembuhan maka tubuh akan merekrut osteoblast. Osteoblast adalah zat yang membentuk tulang. Jadi jika dalam waktu 6 minggu facia yang terluka/meradang tersebut tidak sembuh maka terbentuklah tulang pada area tersebut, proses ini dinamakan sebagai calcifikasi dan bentukan tulang yang terjadi dinamakan heel spur atau pengapuran tumit.


Cara Menangani Heel Spurs
Terapi pada heel spurs ini tidak jauh berbeda dengan penanganan pada kasus plantar facitis, Fisioterapis akan memeriksa dan mengevaluasi kondisi pada pasien dan memberikan terapi berdasarkan kebutuhan pasien. Dalam kasus ini fisioterapi dapat melakukan tindakan sebagai berikut :
1. Menurunkan Nyeri.
Fisioterapi dapat menyarankan pada pasien untuk membatasi aktivitas yang dapat menimbulkan nyeri, penggunaan ice pack, electrotherrapy dan massage tehnik
2. Penggunaan soft orthotic
Pasien dianjurkan membeli heel cussion sebagai bantalan yang diberikan pada tumit dalam aktivitas berjalan.
3. Penguatan Otot
Latihan-latihan pada otot-otot ankle bertujuan supaya terjaga stabilitas dan masanya, biasanya juga pasien akan mengalami kaku otot pada daerah ankle, untuk itu latihan dapat mengurangi ketegangan otot
4. Taping
Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa penerapan taping sangat berguna dan efektif menurunkan peradangan yang ditimbulkan daripada obat anti inflamatory.
5. Penguluran pada Facia
Penguluran pada facia juga dilaporkan dapat mengurangi nyeri yang timbul pada heel spurs ini, lakukan secara tepat dan perlahan-lahan.
Jika Dibiarkan Apa Yang Terjadi?
Jika dibiarkan maka proses pengapuran ini akan bertambah luas dan nyeri yang ditimbulkanpun juga semakin hebat sehingga aktivitas berjalanpun juga terganggu. Biasanya pasien akan berjalan pincang sebagai kompensasi dari nyeri yang ditimbulkan. Untuk itu jangan segan-segan keklinik fisioterapi terdekat untuk mengkonsultasikan masalah anda.