Tuesday, November 27, 2012

NYERI PADA LIGAMENT LUTUT

ACL TEAR/ACL INJURY
Dari : Jowir

Apa Itu ACL?
ACL (Anterior Crusiatum Ligament) adalah salah satu ligament pada sendi lutut yang sering bermasalah pada para pemain olahraga yang  menggunakan kaki sebagai tumpuan utama dalam permainannya, contohnya sepak bola,basket, taekwondo dan lain-lain. ACL bersama dengan tiga ligament lainnya sangat berperan dalam menstabilkan sendi lutut, ketiga ligament itu adalah PCL (Posterior Crusiatum Ligament), MCL (Medial Colateral Ligament) dan LCL (Lateral Colateral Ligament). Fungsi khusus dari ligament ACL adalah mencegah tibia/tulang kering bergerak kedepan disaat berjalan. ACL tear sering terjadi pada penggunaan sendi lutut yang terlalu berlebihan yang menyebabkan sendi lutut terpelintir sementar kaki berada ditanah pada posisi mendarat.

Tanda ACL Tear:
1. Pada waktu cedera anda seperti mendengar suara "teg/kreg" pada sendi lutut
2. Pada cedera akut ACL akan terjadi nyeri hebat dan diikuti pembengkakan
3. Anda akan kesulitan dalam meluruskan dan menekuk lutut,seperti ada tahanan pada sendi anda
4. Pada pemeriksaan anterior drawer test dan lachman test hasilnya positif (Fisioterapi atau dokter)

Tindakan:
1. Hentikan permainan saat itu juga
2. Lakukan Rice (Rest/istirahat, Ice/kompres dengan es selama 15 ment, Compression/balut dengan bandage, Elevation/posisikan kaki lebih tinggi dari jantung anda.
3 Hubungi dokter segera.

Fisioterapi :
1. Assesment lebih lanjut tentang ACL
2. Aplikasi modality (TENS or interferensial) untuk menurunkan nyeri
3.Mengajarkan Static contraction pada sendi lutut.

Untuk memastikan berapa besar atau persentase kerusakan ligament pasien dianjurkan untuk melakukan MRI scan, dan konsultasikan hasil scan tersebut dengan dokter othopedic sehingga keputusan untuk operasi atau tidak operasi pada ligament anda jelas.

1 comments:

Risto Fisioterapi said...

Dear salam kenal mas Riko, saya melihat anda suka program affiliasi, sangat pas sekali, kami dari cv indonesian rehab eauipment, toko alat fisioterapi no 1 di indonesia, saat ini kami sedang mengembangkan pemasaran dengan sistem affiliate, anda bisa bergabung jika berkenan. Kunjungi web kami alatkesehatan.web.id banyak alat fisioterapi yang kami jual, ubah blog anda menjadi mesin penghasil uang, anda akan dapat penghasilan pasif income selamanya jika terjadi penjualan dari pengunjung web anda. Sangat pas untuk web anda. Tks before

Post a Comment