Sunday, March 16, 2008

FUNGSI PEDOMETER

APAKAH BERJALAN MNGGUNAKAN PEDOMETER DAPAT MENURUNKAN BERAT BADAN?
Dari : Liz Neporent
Modifikasi : Jowir


Pertanyaan :
Bagaimanakah pedometer/alat penghitung langkah bekerja dan bagaimanakah pedometer membantu program berjalan saya?
--nylady6 (penanya)
Jawab :
Apakah anda punya ide bagaimana menghitung jumlah langkah setiap harinya? Kebanyakan dari kita tidak punya ide untuk itu, tetapi ada gagasan yang menarik untuk menghitung langkah kita pada abad ini. Menurut perkiraan, jika anda berjalan lebih dari 2.000 langkah setiap harinya anda tidak akan bertambah berat badan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa berjalan 10.000 langkah setiap harinya sangat efektif untuk menurunkan berat badan dan berjalan ini dapat dijadikan program latihan teratur anda


Tentu saja ini sangat mengganggu ketika kita harus menghitung langkah sepanjang hari (Tunggu, apakah saya sudah melangkah 842 atau 843 ya...capek deh). Untuk itulah ada pedometer yang membantu menghitung langkah anda. Bentuknya sebesar ukuran handphone dan dapat diletakkan dipinggang anda dan sangat berguna bagi anda.
Untuk menggunakan pedometer, pertama anda harus mengukur rata-rata jarak jauhnya langkah anda dan memprogramnya ke pedometer, kemudian alat akan mendaftar setiap langkah yang telah dilakukan dan setiap saat menyesuaikannya dengan gerakan hip. Untuk kebanyakan orang, 1 mile berjalan sebanding dengan 2.000-2.500 langkah. Untuk itu 10.000 langkah kira-kira setara dengan 4-5 mile, tergantung dengan jarak jauhnya langkah anda.
Menggunakan pedometer tidak hanya berguna untuk menghitung jumlah langkah setiap harinya tetapi juga menginspirasikan agar anda menjadi lebih aktif bergerak. Anda akan mendapat tambahan langkah jika anda pergi kekantor boss anda, pergi ke ATM, berbelanja di supermarket dan pergi ketempat bermain. Setiap sedikit langkah yang anda lakukan pada aktivitas sehari-hari saat ke dapur atau aktivitas total keseharian akan menambah jumlah langkah anda. Untuk menambah jumlah langkah lagi yaitu dengan melompat kedalam bus ketika bus berhenti atau memarkir mobil ketempat yang lebih jauh dan banyak cara untuk menambah jumlah langkah anda.
Kebanyakan dari semua pedometer sungguh bisa diandalkan dan harganyapun juga terjangkau. Makanya tidak menjadi masalah bila anda membeli satu alat pengukur langkah ini. Jika anda ingin mengeluarkan sedikit uang lebih untuk membeli pedometer, ada jenis alat ini yang dapat juga menghitung kalori yang dibakar saat aktivitas. Dan beruntungnya, kalori yang dihasilkan dari alat ini juga akurat. Selamat mencoba…..!

1 comments:

Rayhan & Nawal said...

Hmmmmm, semangat adalah semangat berubah

Post a Comment