Friday, October 31, 2014

HUBUNGAN NYERI LUTUT DENGAN NYERI DIPUNGGUNG

Seringkali orang beranggapan bahwa nyeri pada lutut disebabkan karena kerusakan bangunan pada sendi lutut ataupun jaringan lunak sekitar lutut yang mengalami cidera, ternyata asumsi seperti itu belum tentu semuanya benar bisa jadi nyeri yang terjadi pada lutut disebabkan karena punggung anda mengalami masalah. Nyeri punggung yang disebabkan oleh disc protution sering menyebabkan lutut anda mengalami nyeri juga.
Saraf yang mengirimkan rasa nyeri pada anggota gerak bawah dan kaki terletak didaerah punggung bawah, terkadang dikarenakan usia dan cidera yang terjadi pada punggung bawah akan menyebabkan disc/bantalan sendi diantara tulang punggung bawah anda protution/menonjol keluar dari posisi normalnya (mecotot : Jawa) dan menekan saraf yang ada disekitarnya. Tonjolan itu akan menyebabkan saraf menjadi iritasi dan mengirimkan sinyal nyeri. Besarnya nyeri tergantung dari besar dan kuatnya tonjolan itu menekan saraf dipunggung bawah.
Syaraf yang mengirimkan impuls dan signal pada lutut terletak pada tulang punggung bawah nomer dua, tiga dan empat (L2, L3 dan L4) sehingga bila tonjolan oleh bantalan sendi tersebut mengenai syaraf yang berada di L2, L3 dan L 4 maka sangatlah mungkin nyeri pada lutut terjadi. Untuk memastikannya datanglah ke dokter atau fisioterapis anda sesegera mungkin.
Jika anda mengalami hal ini maka treatment yang dilakukan berdasarkan besarnya tonjolan tersebut menekan syaraf anda. Dokter akan menyarankan operasi jika tonjolan itu sangat besar sehingga sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda. Suntikan steroid biasanya diberikan oleh dokter dan management fisioterapi dalam hal nyeri sangat anda perlukan untuk mengcounter gejala yang timbul oleh karena disc protution ini.
Manajemet fisioterapi pada disc herniation yang meliputi penguluran otot-otot punggung bawah (lowerback streetching) dan penguatan otot core (core strengthening) adalah metode yang bisa ditawarkan oleh fisioterapist.