Wednesday, June 4, 2014

BERGESERNYA TULANG BELAKANG

Spondylolisthesis

Spondylolisthesis adalah kondisi dimana salah satu bagian tulang belakang bergeser menjauh dengan tulang belakang yang dibawahnya. Terkadang pergeseran tulang itu dapat menekan syaraf disekitar tulang punggung dan menyebabkan nyeri yang berkepanjangan. Kata spondylolisthesis berasal dari bahasa yunani yang berarti spondylos = tulang belakang dan listhesis yang berarti bergeser.

Tipe Spondylolisthesis
Ada beberapa macam tipe spondylolisthesis, namun pada umumnya tipe spondylolisthesis dapat dikelompokkan menjadi 3, diantaranya adalah :
1). Congenital spondylolisthesis
Congenital berarti kondisi yang dibawa semenjak dia lahir, jadi spondylolisthesis ini terjadi semenjak bayi dilahirkan didunia dengan membawa susunan tulang yang abnormal, dengan begitu susunan yang abnormal pada tulang belakang tersebut berpengaruh pada besarnya resiko pergeseran tulang belakang.
2). Isthmic spondylolisthesis
Spondylolistesis semacam ini terjadi karena adanya stress fracture (patah tulang belakang akibat benturan yang berulang-ulang) pada tulang belakang. Dalam beberapa kasus, patah tulang yang terjadi tersebut membuat tulang menjadi sangat riskan untuk bergeser dari tempat asalnya
3). Degenerative spondylolisthesis
Spondylolisthesis tipe ini adalah kasus yang sering kita jumpai didunia klinis. Dengan bertambahnya usia maka bantalan sendi diantara tulang belakang menjadi seperti spons, sehingga kemampuannya untuk menahan gerakan yang terjadi pada tulang belakang sangat kecil. hal itu semakin meningkatkan pergeseran pada tulang belakang

Kategori Spondylolistesis
Spondylolistesis dapat dikategorikan berdasarkan seberapa jauh patahnya tulang belakang kedepan yang diukur dengan melihat foto X-ray yaitu:
Grade 1 - 25% forward movement
Grade 2 - greater than 25% forward movement.
Grade 3 - greater than 50% forward movement.
Grade 4 - greater than 75% forward movement.


Gejala darispondylolisthesis adalah:
Grade 1
Tidak ada gejala yang berarti pada setiap pasien, bahkan mereka merasa sehat-sehat saja.
Grade 2 dan diatasnya

Nyeri punggung bawah yang terkadang menjalar sampai pada kaki
Nyeri semakin bertambah terutama jika menggerakkan punggung kedepan ( Back extension)
Dengan menggunakan X-ray posisi dari munclnya nyeri dapat mendiagnosis dimana letak pergeserannya

Spondylolisthesis Treatment

1. Pengobatan conservative - Seseorang yang terkena spondylolisthesis ini harus mengambil istirahat dari olahraga dan kegiatan lainnya sampai nyeri reda. Obat non-steroidial-anti-inflamasi-drug (NSAID), seperti ibuprofen (Motrin atau naproxen  dan atau (Aleve atau Naprosyn ), mungkin dianjurkan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan (iritasi dan pembengkakan). Obat dengan dosis tinggi mungkin dianjurkan jika NSAID tidak memberikan dampak yang signifikan. Suntikan epidural steroid - di mana obat ditempatkan langsung didaerah sekitar tulang belakang mungkin juga membantu mengurangi peradangan dan mengurangi rasa sakit.
 2. Fisioterapi - latihan Stabilisasi/stabilization exercise adalah latihan utama yang harus diajarkan pada pasien. Latihan-latihan ini memperkuat otot perut dan otot punggung dan meminimalkan gerakan pada tulang belakang. Umumnya, 8 sampai 12 minggu waktu yang digunakan untuk latihan stabilisasi dalam rangka mencapai perbaikan klinis yang optimal. Sebuah brace atau  back support dapat digunakan untuk membantu menstabilkan punggung bawah dan mengurangi rasa sakit. Program latihan yang dilakukan fisioterapis harus mempunyai goal dalam hal pengurangan rasa sakit, meningkatkan fleksibilitas otot dan kekuatan otot. X-ray berkala dilakukan untuk memonitoring letak tulang yang selip
3. Operasi
dalam hal ini dapat menggunakan dua operasi yaitu decompresive laminectomy atau dengan spinal fusion. .